loader image

Mutu

Sistem Pemjaminan Mutu

Implementasi sistem penjaminan mutu

Implementasi sistem penjaminan mutu di FP-UB sudah melalui perjalanan panjang sejak tahun 2001.

  • Keberadaan organ/fungsi pelaksana penjaminan mutu internal yang berlaku pada FP-UB yang didukung dokumen formal pembentukannya. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkungan FP-UB diberi nama Gugus Jaminan Mutu (GJM) dibawah koordinasi SPMI Pusat Jaminan Mutu (PJM, sekarang Lembaga penjaminan mutu/LPM) di tingkat universitas. Dalam pelaksanaan penjaminan mutu, GJM dibantu SPMI di tingkat jurusan, yaitu Unit Jaminan Mutu (UJM) dan Gugus Jaminan Mutu (GJM).

 

  • Keterlaksanaan penjaminan mutu program studi yang sesuai dengan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan perguruan tinggi, manual mutu, dan dokumen mutu lainnya. Penjaminan mutu PSM-PTA dilakukan oleh GJM-FP setiap akhir tahun. Pada saat TS, Audit Internal Mutu (AIM) FP-UB sudah sampai siklus 19. Lingkup AIM untuk program studi magister adalah: IKU (BAN-PT), IKT PS, Tinjauan Manajemen, dan Tindak lanjut atas temuan AIM siklus sebelumnya.
  • Ketersediaan bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu sesuai dengan siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PPEPP). Hasil AIM digunakan untuk mengetahui ketidak-sesuaian pelaksanaan kegiatan atau hasil yang diharapkan agar dapat dipakai untuk mengkaji akar masalah dan bagaimana tindak lanjut atas temuan yang didapatkan. Semua hal tersebut tersaji dalam Tinjauan Manajemen FP 2020 dan PSM-PTA 2020.
Tinjauan Manajemen PS S2 PTA Tahun 2022
Tinjauan Manajemen PS S2 PTA Tahun 2021
Tinjauan Manajemen PS S2 PTA Tahun 2020
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2021
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2020
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2019
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2018
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2017
Tinjauan Manajemen Fakultas Pertanian Tahun 2016