Jurusan Tanah

Selangkah Lebih Maju

Profil

02 - Jan - 2019 PSIK

Jurusan Tanah FP UB dalam mendukung visi, misi, dan moto Jurusan Tanah melakukan berbagai kegiatan dalam bidang akademik, administrasi dan kemahasiswaan. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan di bidang akademik, maka perlu ada mata kuliah antara lain: Konservasi Sumberdaya Lahan, Manajeman Tanah Berlanjut, Manajemen DAS, Irigasi dan Drainase. Kegiatan lapangan yang juga dilakukan untuk menunjang praktikum adalah GALIFU. Bentuk kegiatan GALIFU berupa kunjungan lapangan dibeberapa daerah di Jawa Timur dan merupakan gabungan dari 3 mata kuliah (Survei Tanah dan Evaluasi Lahan, Interprestasi Foto Udara, dan Tanah-tanah Utama di Indonesia).
Selain itu terdapat kegiatan KONSOILDASI yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah dan Jurusan Tanah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pertengahan puasa dan diwajibkan untuk mahasiswa semester 5 yang mengambil minat Manajemen Sumberdaya Lahan. Materi yang disampaikan pada acara Konsoildasi adalah pengenalan Jurusan dan civitas akademika, strategi belajar di Jurusan Tanah, dan pengalaman studi di luar negeri.
Kegiatan administrasi yang mendukung visi, misi, dan moto Jurusan Tanah FP UB adalah kegiatan studi banding, sigap dan tanggap dalam memberikan layanan (surat-menyurat, administrasi tugas akhir, penyampaian informasi yang akurat dan dengan media yang bisa diakses oleh pengguna (website www.tanah.ub.ac.id, LCD led, papan pengumuman, dan twitter).