Jurusan Tanah

Selangkah Lebih Maju

Pelatihan “Landuse Planning For Low Emission Development Strategy (Luwes)

09-Okt-2014 PSIK Berita, Kegiatan

Dalam rangka penguasaan ilmu dalam bidang perencanaan pengelolaan sumberdaya lahan yang berkelanjutan, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang menyelenggarakan pelatihan “Landuse Planning for Low Emission Development Strategy (LUWES) yang disampaikan oleh tim ahli dari World Agroforestry Centre (ICRAF), Bogor. Pelatihan ini bertujuan untuk 1). Memberikan pemahaman mengenai metode, data, dan teknik estimasi emisi dari aktifitas perubahan penggunaan lahan dengan menggunakan basis data spasial dan biofisik, 2). Membangun kemampuan teknis dalam penggunaan data emisi perubahan penggunaan lahan dalam menentukan garis acuan penurunan emisi (reference emission level), dan 3). Membangun kemampuan dasar dalam merencanakan dan memperkirakan konsekuensi dari upaya penurunan emisi pada berbagai sektor pembangunan.

Pelatihan dilaksanakan di Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya selama dua hari (3 – 4 Oktober 2014). Pelatihan ini diikuti oleh 22 peserta (8 mahasiswa dan 14 dosen) di lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Materi yang disampaikan antara lain: 1). Pengantar Perubahan Iklim dan Upaya Mitigasi Sektor Berbasis Lahan, 2). Pengenalan  Land Use Planning for Low Emission Development Strategy (LUWES), 3). Pendekatan Berbasis Bentang Lahan, 4). Emisi dari Perubahan Sistem Penggunaan Lahan, 5). Profitabilitas penggunaan lahan dan analisa opportunity cost, 6). Perangkat Lunak REDD Abacus, 7). Menghitung emisi masa lalu dan membangun REL berdasarkan sejarah perubahan lahan menggunakan software ABACUS SP, 8). Memproyeksikan emisi di masa yang akan datang, 9). Memproyeksikan emisi di masa yang akan datang, dan 10). Menyusun strategi penurunan emisi dan menganalisa trade-off.