Jurusan Tanah

Selangkah Lebih Maju

HMIT JUARA UMUM di JITI PONTIANAK

01-Agu-2013 PSIK Berita

Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) merupakan ajang nasional yang diikuti oleh Mahasiswa Ilmu Tanah dari seluruh perguruan tinggi yang di Indonesia. Jambore Ilmu tanah Indonesia merupakan program kerja FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia) yang diadakan 1 kali dalam satu periode kepengurusan FOKUSHIMITI. Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) adalah bentuk kegiatan apresiatif mahasiswa ilmu tanah untuk mengintegralkan kemampuan akademis dengan kemampuan praktek di lapangan terhadap persoalan yang berkaitan dengan basik keilmuan yang diemban serta permasalahan yang dialami bangsa Indonesia. Selain itu, kegiatan ini merupakan perwujudan peranan dan kepedulian Mahasiswa Ilmu Tanah dalam memacu kemajuan Bangsa Indonesia khususnya dibidang Ilmu Pertanian.

Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) V diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat oleh KAMAHITA Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura tanggal 20 sampai 25 April 2011. Himpunan mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) Universitas brawijaya mengirimkan 6 wakilnya dalan ajang bergengsi tersebut. Mereka adalah Aditya Nugraha PutraSyamsul ArifinTino Setya PramudyaIstika NitaAyyu Rahayu, dan Maharani Subandriya dari Minat Tanah (Managemen Sumberdaya Lahan) angkatan 2008.

Jambore Ilmu Tanah Indonesia V ini memiliki tema “Solidaritas Untuk Konservasi” diikuti oleh himpunan mahasiswa ilmu tanah seluruh Indonesia.

 

Rangkaian Kegiatan JITI V antara lain:

1. Seminar Nasional

Seminar Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2011 diadakan sebagai wadah untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan bagi peserta seminar khususnya dibidang pertanian dengan tema “UPAYA KONSERVASI LAHAN GAMBUT DALAM MENGENDALIKAN PERUBAHANAN IKLIM.”

2. Soil Judging Contest

Merupakan salah satu rangkaian JITI V yang mengarah pada tindakan aplikatif berdasarkan disiplin ilmu yang ditujukan untuk merumuskan strategi pengelolaan sumber daya lahan khususnya lahan gambut. Kegiatan ini dimaksudkan dalam bentuk survey & identifikasi lahan dilapangan yang meliputi: pengamatan sifat tanah gambut dan pengamatan tata guna lahan serta evaluasi potensi lahan.

3. Lomba Poster

Lomba Poster ini diadakan di Aula Rektorat Universitas Tanjungpura, Pontianak yang bertemakan “Konservasi Lingkungan”.

4. Fieldtrip

Bertujuan lebih mengenalkan kegiatan masyarakat pada umumnya dan tempat sejarah di Kalimantan Barat, tempat yang menjadi tujuan antara lain Aloe Vera Center (AVC) di Siantan, Tugu Khatulistiwa, Keraton Kadriah, Museum Kalimantan Barat, Taman Gita nanda dan Rumah Adat Kalimantan Barat.

5. Aksi Konservasi

Yaitu aksi nyata dari peserta JITI V berupa penanaman tanaman bakau sebanyak 300 tanaman yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2011 di pantai Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

6. Soil Wisata

Soil Wisata merupakan kegiatan akhir ber tujuan untuk memperkenalkan potensi wisata di Kalimantan Barat, serta rekreasi peserta JITI V yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2011. Tempat yang akan menjadi tujuan wisata adalah Taman Pasir Panjang Indah di kota Singkawang Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut HMIT Universitas Brawijaya berhasil mendapatkan juara umum. Hal ini dikarenakan wakil dari Universitas Brawijaya mendapatkan Juara 1 Lomba Poster dan juara 1 lomba Soil Judging Contest. Prestasi ini didapat tentunya tidak terlepas dari dukungan dan motivasi Keluarga Tanah Universitas Brawijaya. Intinya, kegiatan JITI dilaksanakan tidak hanya untuk kompetisi melainkan untuk mempererat dan menjaga tali persaudaraan antar mahasiswa Ilmu tanah seluruh Indonesia serta menunjukkan bahwa mahasiswa ilmu tanah juga mendukung kemajuan bangsa Indonesia khususnya dibidang pertanian dan kelestarian lingkungan.

VIVA SOIL !!!