Jurusan Tanah

Selangkah Lebih Maju

Cara Jurusan Tanah Memacu Semangat Mahasiswa

25-Okt-2013 PSIK Berita

Sesaat setelah penjurusan minat oleh Fakultas Pertanian, mahasiswa yang diterima di Jurusan Tanah adalah mereka yang berstatus mahasiswa semester 5 (lima) yang secara simbolis mengikuti kegiatan konsolidasi dengan penjelasan mengenai jurusan, strategi belajar di Jurusan Tanah dan kemudian berbagi mengenai studi di luar negeri dalam bidang ilmu tanah, yang beberapa waktu lalu diadakan sekaligus pada saat berbuka bersama dan dihadiri oleh segenap dosen beserta karyawan, alumni dan mahasiswa Jurusan Tanah. Saat ini kegiatan sharing mengenai sistem perkuliahan sekaligus pembenahan sistem pembelajaran pada jurusan. Jurusan Tanah mempersiapkan form minat bidang kajian pembagian dosen pembimbing dan skripsi juga kelengkapan biodata sarjana pada saat bersamaan.

Kegiatan berikutnya adalah Gatraksi, yang dilaksanakan oleh HMIT di Coban Rondo, Pujon dimana bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa bagaimana melakukan survey tanah selama tiga hari. Hasil survey mahasiswa tersebut kemudian dipresentasikan dihadapan dosen dan karyawan yang langsung memberikan penilaian pada hari terakhir.

Galifu yang merupakan fieldtrip atau kunjungan lapangan merupakan implementasi dari tiga mata kuliah Survey Tanah dan Evaluasi Lahan, Tanah-tanah Utama di Indonesia, dan Interpretasi Foto Udara dilakukan dengan mengunjungi beberapa loikasi di Jawa Timur seperti Pacitan, Lamongan, Gresik dan terakhir di Bromo. Acara ini diikuti setidaknya 158 mahasiswa Jurusan Tanah dan diadakan setiap tahun.

Terakhir, kegiatan studi lapangan bagi para dosen dan karyawan kependidikan yang diadakan setiap tahunnya. Dengan tujuan untuk mengenal dan mempelajari ilmu tanah dari hasil pengembangan tanah-tanah di Indonesia yang dapat dinikmati untuk objek pariwisata seperti Goa Gong,  Goa Tabuhan dan Museun Karst Indonesia. Belajar bukan lagi kegiatan yang membosankan asalkan mengetahui bagaimana cara belajar yang tepat. [sumber rurien via agriwarta.ub.ac.id]