Dosen Pengajar yang ada di Jurusan Tanah FPUB sangat memadai, baik kualitas maupun kuantitas. Jumlah total dosen PNS adalah 23 orang, dimana 16 bergelar doktor (8 diantaranya dengan jabatan Profesor), 7 bergelar master (1 diantaranya sedang studi lanjut).  Selain itu juga ada 5 orang dosen Non PNS, 1 bergelar Master (S2), 3 sedang studi lanjut S2, dan 1 bergelar sarjana pertanian (S1). Rasio Dosen yang telah melaksanakan EKD baik Dosen Non PNS maupun dosen PNS adalah 22:28 atau 79% telah mengerjakan EKD.

Daftar Dosen Pengajar

Dalam pelaksanaan proses bisnis, Jurusan Tanah FPUB juga didukung oleh 12 tenaga penunjang akademik yang terdiri dari 4 orang administrasi, 1 orang teknisi, 1 orang staff UPT Kompos, 1 orang PSIK, 1 orang laboran Biologi Tanah, 1 orang Laboran Fisika Tanah, 2 orang laboran Kimia Tanah dan 1 orang Laboran PSISDL.

Setiap tenaga kependidikan memasang analisa jabatan yang dibuat berdasarkan tupoksinya di meja kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.

Sedangkan penilaian kinerja tenaga kependidikan dilakukan setiap bulan yang diimplementasikan melalui penilaian insentif dengan data dukung presensi kehadiran dan senam. Komponen penilaian insentif merupakan komponen penilaian DP3. Pelaksanaan tupoksi dan analisa jabatan dengan disiplin dan bertanggungjawab merupakan acuan dari komponen penilaian insentif lainnya. Selanjutnya setiap tahun dilakukan evaluasi kinerja tenaga kependidikan dan bagi yang berprestasi diberikan penghargaan.

Untuk peningkatan kualitas Tenaga Kependidikan Jurusan Tanah, Laboran dan Staff Administrasi mengikuti pelatihan seperti:

No Pelatihan/workshop Peserta Tahun
1 Pelatihan Pengadaan Brang/Jasa Pemerintah Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 54/2010 Penyelenggara LPPM UA Surabaya Rurin Kurniasari, SP. MP 23 Sep 2011
2 Workshop Peran Pranata Laboratorium Pendidikan dalam Pengelolaan Laboratorium Sarkam, Ngadirin, Suhamtono, Sripadmi Wulandari 2 – 21 Desember 2012
3 Kalibrasi di LSIH UB Sarkam, Ngadirin, Sripadmi Wulandari 24-26 April 2013
4 Pelatihan Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) di LSIH UB Ngadirin, Sripadmi Wulandari 22-23 Mei 2013

Daftar Tenaga Penunjang Akademik