Jurusan Tanah FPUB merupakan salah satu dari 4 Jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Berdiri sejak tahun 1974 dan secara resmi ditetapkan oleh Dirjen DIKTI pada tanggal 24 September 1984. Cikal bakal Jurusan Tanah adalah Departemen Tanah dan Pemupukan yang ditetapkan bersamaan dengan dimekarkannya depertemen di Fakultas Pertanian UB, yaitu dari 2 departemen, yaitu (Sosial Ekonomi Pertanian dan Teknik Pertanian) menjadi 4 departemen, yaitu (Tanah dan Pemupukan, Agronomi, Proteksi Tanaman dan Sosial Ekonomi Pertanian) dengan SK Dekan Fakultas Pertanian.

Pada tahun 2011 Jurusan Tanah FPUB mengelola pendidikan melalui 2 jalur, yaitu: jalur pertama adalah mahasiswa sampai dengan angkatan 2007 melalui jalur seleksi UMPTN langsung masuk PS. Ilmu Tanah (PSIT), jalur kedua adalah PS. Agroekoteknologi yang mengambil minat Manajemen Sumberdaya Lahan. Jalur pertama, dihentikan pada tahun 2008 dengan adanya merger 7 program studi (PS. Ilmu Tanah, PS. Hama dan Penyakit Tumbuhan, PS. Agronomi, PS. Pemuliaan Tanaman, PS. Hortikutura, PS. Agribisnis, PS. Penyuhan dan Komunikasi Pertanian) di Fakultas Pertanian menjadi 2 program studi (PS. Agroekoteknologi dan PS. Agribisnis).

Mahasiswa PS. Agroekoteknologi Minat Manajemen Sumber daya Lahan dikelola oleh Jurusan Tanah mulai semester 5. Mahasiswa ini masuk melalui SMPTN memilih PS Agroekoteknologi. Jumlah mahasiswa yang diterima tersebut merupakan kuota yang telah ditetapkan oleh Fakultas Pertanian. Mahasiswa yang masuk Minat Manajemen Sumber Daya Lahan mempunyai kualitas yang cukup baik, karena 11% memiliki IP>3.5, 54% memiliki IP 3.00-3.5, 30% memiliki IP 2.75-3.00,dan hanya 5%
yang memiliki IP 2.5-2.75.