Jurusan Tanah tidak hanya terbatas pada Layanan tentang Akademik. Layanan Jurusan Tanah juga meliputi  kebutuhan Umum terutama Administrasi dan Analisa Laboratorium.

1. Administrasi

Surat-surat dinas terdiri dari surat masuk dan surat keluar yang berasal dari Rektor dan Pembantu Rektor, Fakultas Pertanian, Fakultas lain, Lembaga, Unit Pelaksana Teknis, Institusi baik di lingkungan UB maupun di luar lingkungan UB. Surat-surat dinas tersebut diarsipkan menurut kode dan perihal surat, wewenang pengeluaran surat dinas yang telah ditetapkan melalui surat keputusan Rektor. Surat dinas dicatat dengan 3 cara, yaitu dengan: buku surat masuk dan keluar, pemisahan surat masuk dan keluar berdasarkan kode dan perihal surat, komputerisasi.

Surat-surat yang berisi keputusan didokumentasi secara terpisah dan dijadikan sebagai bahan pembuat kebijakan di tingkat Jurusan. Surat keputusan dapat dikeluarkan oleh Presiden, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rektor dan Dekan (Undang-undang, Kemendikbudnas dll).

2. Analisa Laboratorium

Analisa dilakukan di laboratorium-laboratorium yang ada di Jurusan Tanah. Pada tahun 2011 Laboratorium yang ada di Jurusan Tanah  dipersiapkan menuju laboratorium yang terakreditasi dengan memperbaiki sistem manajemen untuk menjamin kesesuaian kompetensi laboratorium dan validitas hasil pengujian dengan ISO 9001:2008.

Prosedur umum pelayanan jasa analisis :

  1. Pengiriman contoh disertai dengan surat permohonan ditujukan kepada Ketua Laboratorium (Kimia Tanah, Fisika Tanah, Biologi Tanah)
  2. Untuk sampel yang dikirim dilampiri dengan keterangan yang jelas. Misal: Tanah (dicantumkan lokasi pengambilan, agroekosistem, Bentuk lahan, komoditas utama,kondisi lahan saat pengambilan sampel, luas areal, pupuk yang biasa digunakan). Pupuk (dicantumkan komposisi bahan pembuatan).

Link parameter dan harga analisis di Laboratorium Jurusan Tanah