Ditulis pada tanggal 19 Agustus 2013, oleh PSIK, pada kategori Kegiatan Kemahasiswaan

u pembangunan pertanian dan keberlanjutan sumberdaya alam semakin sering diperbincangkan di berbagai bidang. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan juga semakain meningkat dan hal ini mendorong para petani untuk membuka lahan baru, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi. Dengan minimnya pengetahuan yang mereka miliki, tindakan untuk mengelola sumberdaya secara berkelanjutan belum dapat mereka terapkan dalam melakukan praktek pertanian. Dari penyebab tersebut muncullah masalah-masalah yang lain seperti degradasi lahan, efek GRK, banjir, longsor, dan masih banyak lagi.

KALDERA

Dok. KALDERA 2013 (Ruang)

Perguruan tinggi merupakan salah satu stakeholder yang dipercaya masyarakat karena perannya sebagai wadah untuk mahasiswa dalam memberikan informasi dan memberikan solusi yang komprehensif. Mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah harus mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah mereka terima. Karena mahasiswa memiliki peran sebagai pemegang tongkat estafet dimasa yang akan datang agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Selain itu, untuk melandasi jiwa sosial terutama dalam pengaplikasian keilmuan tersebut, selayaknya mahasiswa berguna untuk kepentingan masyarakat sekitar dan lingkungan. Pengabdian masyarakat merupakan salah satu cara mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya.

kaldera

Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) mememiliki program kerja untuk mewadahi mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan Analisis Lahan dan Pengabdian Masyarakat Tanah (KALDERA) merupakan salah satu bentuk program kerja untuk menganalisis masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, KALDERA dibentuk sebagai tempat untuk melatih mahasiswa dalam berorganisasi dan bekerjasama dalam team. Sehingga, dengan adanya kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas mahasiswa ilmu tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Sumber: hmit.ub.ac.id