Ditulis pada tanggal 26 Mei 2015, oleh PSIK, pada kategori Kegiatan, Kegiatan Kemahasiswaan

Kumpul Bersama Anggota KalderaKALDERA merupakan suatu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Program Kerja ini berupa kegiatan pembelajaran langsung di lahan serta pengabdian masyarakat.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah dikenal oleh warga Tanah dengan nama KARST. Pada masanya KARST merupakan suatu LSO dibawah HMIT, LSO ini terbentuk karena tingginya minat mahasiswa untuk melakukan survei tanah sendiri sebagai suatu sarana pembelajaran di luar perkuliahan. Salah satu kegiatan yang pernah dilakukan yaitu melakukan survei dan pemetaan di lereng Gn. Kawi. Dari kegiatan ini dapat dilihat respon masyarakat yang cukup baik dan terbukti dari adanya kerja sama yang dilakukan oleh Jurusan Ilmu Tanah dengan pihak masyarakat setempat yang sampai sekarang masih berlangsung dengan sangat baik. Harapannya mahasiswa yang tergabung dalam KARST memiliki peluang lebih untuk dapat ikut berkontribusi pada beberapa penelitian Dosen.

Kegiatan Kaldera

Ide untuk membentuk kegiatan serupa muncul ketika beberapa delegasi dari Jurusan Tanah, Universitas Brawijanya yaitu Aditya Nugraha Putra, Syamsul Arifin, Tino Setya Pramudya, Istika Nita, Ayyu Rahayu, dan Maharani Subandriya mengikuti Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) V 2011 di Pontianak, Kalimantan Barat. Sepulangnya ke malang ide tersebut kemudian dibahas dalam forum HMIT dan disepakati untuk direalisasikan dalam KALDERA (Kegiatan Analisi Lahan dan Diskusi Arek Tanah). Dalam pelaksanaannya kegiatan ini terdiri dari beberapa hal yaitu analisis kondisi lapang, analisis masalah yang ada serta pemecahan masalah atau pencarian solusi yang hasilnya didiskusi dengan masyarakat setempat.

Kedepannya diharapkan kegiatan ini mampu menarik animo dari Warga Tanah ataupun mahasiswa Fakultas Pertanian lainnya agar dapat turut berkontribusi mengamalkan ilmunya. Meskipun tujuan utama dari program ini yaitu sebagai sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa.