Fasilitas Gedung/Bangunan
Sejak tahun 1990 Jurusan Tanah menempati sebuah gedung berlantai tiga yang memiliki luas lantai 1,750 m2. Bangunan gedung untuk kegiatan akademik meliputi (a) laboratorium-laboratorium : Kimia Tanah , Fisika Tanah, Pedologi dan Sistem Informasi Sumber Daya Lahan, seluas 525 m2, (b) ruangan kelas : ruangan kelas besar untuk 70-80 mahasiswa seluas 110 m2, dan ruangan kecil untuk 40-50 mahasiswa seluas 70 m2, (c) ruangan seminar seluas 40 m2 dan (d) ruangan koleksi buku seluas 60 m2. Bangunan untuk kegiatan administrasi meliputi (a) ruangan untuk 22 orang staf seluas 200 m2, (b) ruangan untuk Ketua dan Sekretaris Jurusan (35 m2), untuk koordinator administratif (25 m2), dan HMIT (35 m2). Fasilitas fisik lain adalah ruangan untuk pengeringan dan penyimpanan contoh tanah (36 m2) dan rumah kaca (30 m2), serta pelayanan masyarakat dan ruangan lobi seluas 100 m2.

Laboratorium
Jurusan Tanah ditunjang oleh beberapa laboratorioum yaitu Laboratorium Kimia Tanah, Laboratorium Fisika tanah, Laboratorium Pedologi, Penginderaan Jauh dan Pemetaan, Laboratorium Biologi Tanah, Laboratorium Radio isotop, Laboratorium Sistem Informasi Geografi dan Laboratorium Kualitas Lingkungan.

Ruang kuliah
Ruangan kuliah yang dimiliki Jurusan Tanah digunakan baik oleh mahasiswa Jurusan Tanah maupun mahasiswa Jurusan lainnya. Namun adanya kegiatan akademik lain yang tidak terjadwal (misalnya seminar dsb) dapat meningkatkan kepadatan penggunaan ruangan sehingga mendekati 40 jam per minggu. Kualitas dan kuantitas fasilitas pendukung untuk proses belajar mengajar (proyektor overhead & slide, wi-fi, Video & TV, sound-systems, komputer, alat peraga, dsb).

Ruang Internet dan Ruang Baca
Jurusan Tanah Memiliki Ruang Internet dan Ruang Baca yang berada di lt.2 gedung Tanah. Di tempat ini civitas akademika Jurusan Tanah bisa mengakses internet dengan menggunakan beberapa komputer yang telah terkoneksi dengan internet tanpa dipungut biaya atau gratis. Selain itu, di tempat ini juga bisa menikmati bacaan khususnya mengenai Ilmu Tanah dan beberapa ilmu lainnya yang relevan dengan Jurusan Tanah.

Data dan Informasi
Sistem informasi sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar (PBM) di Jurusan Tanah. Sejak tahun 2006 melalui dana PHK-A2 Jurusan Tanah telah membangun sistem informasi untuk pengelolaan Jurusan Tanah. Sarana yang digunakan untuk Sistem informasi di Jurusan Tanah tergantung dari arus informasinya yang melibatkan semua elemen dalam jurusan maupun di luar jurusan.
Jurusan Tanah saat ini mengadopsi teknologi informasi yang dikelola oleh Universitas untuk layanan akademik dan sistem informasi kepada calon mahasiswa, mahasiswa, alumni, antar staf kepada masyarakat, dimana telah mendapatkan dukungan sarana dari Universitas berupa jaringan interkoneksi dengan komputer yang ada di Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian atau UPPTI Universitas Brawijaya. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan sistem informasi untuk mendapatkan pustaka melalui jaringan antar perpustakaan baik di dalam Universitas dan antar perpustakaan berjalan secara optimal hingga saat ini. Jurusan tanah juga memiliki wadah untuk menyalurkan informasi dan menjalin komunikasi dengan civitas akademika melalui LED di lobby, papan pengumuman, website dan twitter.